Senin, 27 April 2020

Kebutuhan Manusia Terhadap Internet


Saya menggunakan internet sebagai media mendapatkan infomasi maupun kominukasi  karena saat ini berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sangat memberikan pengaruh besar dalam seluruh aspek kehidupan,termasuk dunia pendidikan,ekonomi,hiburan,maupun jaringan social yang dirasakan meningkat akibat saling keterkaitan dan ketergantungan manusia di dunia. dalam era globalisasi pada saat ini.salah satu kebutuhan yang paling mencolok yang saya rasakan yaitu kebutuhan akan informasi .

Saya merasakan melalui teknologi informasi dapat  memperoleh informasi dengan cepat dan mudah . internet menjadi  sarana yang dapat digunakan sebagai  alat infomasi tersebut. internet juga berperan penting dalam dunia ekonomi  dan bisnis.misalnya adanya e-commerce,kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara tanpa harus betatapan langsung.fasilitas e-commerce memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi di internet. Adanya juga aplikasi seperti tokopedia atau shopee sangat memudahkan orang-orang dalam berbelanja tanpa harus keluar rumah.adanya iklan-iklan dan publikasi secara online.

Dalam dunia pendidikan misalnya digunakan untuk keperluan pada mahasiswa perguruan tinggi,internet digunakan untuk mencari berbagai informasi materi perkuliahan,mengakses data audio,visual pembelajaran,mencari referensi berupa e-book,e-jurnal dan sbagainya.dapat mengirim data atau materi pembelajaran serta berkomunikasi jarak jauh antar mahasiswa.

Social networking juga begitu saya rasakan  karena dapat bersosialisai melalui e-mail maupun chatting atau bahkan vidiocall dengan teman di segala penjuru dengan waktu  singkat dan biaya yang terjangkau.serta di dalam entertainment, internet menawarkan berbagai pilihan yang sangat banyak.misalnya dapat memnafaatkan game server untuk dapat bermain game bersama lawan melalui jaringan internet. Serta hadirnya lagu-lagu favorit di klip-klip MP3.internet juga menyediakan situs-situs web para artis,baik dalam negri maupun internasional.seperti dapat menonton youtube.

Segala bentuk informasi yang dibutuhkan,baik dalam bentuk suara,data,teks,gambar maupun bentuk aplikasi video,secara sekaligus dan dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan satu media yang tersambung ke tempat pelanggan yaitu internet,dapat dinikmati secara global.

Maka sudah tidak dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komuniasi yaitu internet telah mengubah cara hidup masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.keberadaan yang seperti ini dalam kehidupan tanpa sadar telah membawa dunia memasuki era baru globalisasi lebih cepat dari yang dibayangkan semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar